7 Kesalahan Terbesar Saat Akan Renovasi Rumah di Jogja

Renovasi Rumah di Jogja – Renovasi rumah, terutama yang dilakukan sendiri meski otodidak yang didapat dari berbagai sumber di internet seperti dari Instagram, Pinterest dan sebagainya kini makin marak. Jika Anda salah satu orang yang akan merenovasi rumah, satu hal yang pasti adalah perencanaan. Karena melakukan renovasi sebenarnya cukup mudah, yang sulit adalah merencanakan dan memilah-milah mana yang akan worth it untuk direnovasi.

Salah merencanakannya di awal, maka secara keseluruhan renovasi rumah di Jogja Anda malah jadi musibah. Berikut ini beberapa hal yang dapat merusak proyek dan budget Anda saat merenovasi rumah :

Budget tak realistis

Mengungkapkan budget yang dimiliki mungkin menjadi hal tabu bagi beberapa orang yang akan renovasi ketika ditanya oleh seorang desainer seperti arsitek atau desainer interior. Ada juga pemilik rumah yang tak mau mengungkapkan budgetnya, dan hanya melakukan perkiraan sendiri setelah melihat sebuah acara di tv, padahal hal ini belum tentu tepat bila diterapkan di rumah sendiri. Jadi, jika Anda belum cukup dana untuk merenovasi rumah, sebaiknya tunggu sampai budget Anda sudah mencukupi. Jangan sampai Anda sudah mulai renovasi dan setelah project selesai, Anda mengatakan penyesalan seperti “Kayaknya, kemarin lebih baik renovasi sebelah sini aja ya!”

Tidak efisien tempat

Meneliti detail rumah bisa jadi hal yang paling lama dilakukan saat akan mengupgrade atau mengganti furnitur. Saat akan melakukannya, jika Anda tak tahu betul, sebaiknya panggil jasa professional untuk melakukannya. Jangan sampai Anda salah beli furniture, malah mengurangi efisiensi tempat tersebut dan terlihat menjadi sempit.

Salah perkiraan

Manusia memang tempatnya salah, namun bila salah dalam hal desain, uang Anda akan sia-sia. Jangan biarkan kesalahan terjadi pada furniture Anda misalnya pada daerah dapur. Jangan sampai salah menempatkan kabinet, contohnya pada kabinet siku dengan laci yang tak bisa dibuka bila laci sebelahnya belum ditutup. Kan merepotkan! Contoh lain di kamar mandi, jangan sampai kamar mandi yang terlalu sempit dengan daun pintu menuju kedalam, daun pintu akan menyenggol kloset duduk Anda bila dibuka sampai Anda tak cukup ruang untuk sekedar masuk ke dalam kamar mandinya.

Melupakan usia rumah Anda

Kesalahan lain yang mungkin dilakukan adalah masalah struktur rumah. Biasanya rumah yang direnovasi adalah rumah lama, padahal rumah lama tentu memiliki berbagai macam masalah didalamnya. Misalnya rayap, retak pada dinding, pemipaan, keramik yang pecah dan sebagainya yang perlu perbaikan. Jadi, saat renovasi sebaiknya sisihkan minimal 10% biaya tambahan untuk beberapa hal tak terduga.

Mengganti serba baru

Tujuan renovasi rumah di Jogja adalah untuk membuat perubahan pada hal-hal yang penting. Namun, jangan hanya berpikiran untuk terus membuang barang-barang yang sebenarnya masih layak. Solusi dari barang yang masih baik namun sudah terlihat lama mungkin bisa dengan mengecatnya kembali. Nah, bila memang sangat terpaksa barulah membeli yang baru.

Renovasi Rumah di Jogja
Mengikuti mode

Anda perlu memilah mana yang memang sedang ngetren dan mana yang timeless (tak lekang waktu). Saat mengganti barang dengan yang baru pada rumah Anda, pastikan mana memang yang betul-betul diganti, jangan hanya karena Anda sekedar ingin mengikuti tren saja. Mengikuti tren boleh asalkan tak berlebihan juga.

Tidak menggunakan jasa kontraktor

Banyak yang mendapatkan saran dari teman untuk menggunakan jasa kontraktor dari perusahaan tertentu untuk merenovasi rumah. Namun, sebaiknya meskipun rekomendasi dari teman, Anda tetap harus mencari informasi sendiri secara lebih dalam untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan. Beberapa pertanyaan seperti ini mungkin harus Anda temukan sendiri saat mencari jasa kontraktor yang tepat, seperti :

  • Apakah perusahaan tersebut terlalu banyak proyek?
  • Adakah garansi terkait renovasi rumah yang telah selesai?
  • Sudah berapa lama kontraktor tersebut menangani renovasi rumah di Jogja dan sekitarnya?
  • Sebagaimana professional pekerja dari kontraktor tersebut?
  • Adakah kantor atau tempat representatif lainnya dari perusahaan kontraktor tersebut?

Sumber & Gambar : freshome.com & Reka Persada Project

Itulah artikel 7 Kesalahan Terbesar Saat Akan Renovasi Rumah di Jogja. Dari berbagai hal diatas, mungkin Anda punya tambahan? Tulis di kolom komentar ya! Bagi Anda yang membutuhkan jasa bangun rumah atau kontraktor jogja mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

2 thoughts on “7 Kesalahan Terbesar Saat Akan Renovasi Rumah di Jogja

Leave a Reply

%d bloggers like this: