Aturan Desain Yang Sebaiknya Kamu Ikuti

Semua hal ada aturannya, termasuk dalam merenovasi atau mendekorasi interior. Namun, ada yang bilang bahwa aturan itu ada untuk dilanggar. Meskipun terkadang kita cenderung ingin melanggar aturan, ada beberapa aturan yang jika diikuti tentunya akan membuat pekerjaan mendekorasi ruangan menjadi lebih mudah dan efisien. Lalu, aturan mana yang patut diikuti dalam mendesain interior? Disaat kamu ingin merenovasi rumah, dalam skala kecil ataupun besar yang tampak mengubah rumahmu secara keseluruhan, berikut ini kami berikan tips terkait aturan desain apa yang harus diikuti untuk mendapatkan rumah dengan hasil optimal :

Aturan Desain Material Kayu Dipadankan Dengan Material Logam
Material Kayu Dipadankan Dengan Material Logam | Gbr : pinterest

Memadukan tekstur
Jika kamu tidak mengerti mengapa ruanganmu terasa ada yang kurang, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan tekstur yang berbeda sebagai aksen ruang tersebut misalnya dengan memberikan karpet, bantal hias, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa memadukan beberapa bahan dengan tekstur berbeda misalnya material logam dicampur dengan kayu, rotan atau kain tenunan.

Pencahayaan Dari Beberapa Sumber | Gbr : pinterest

Pencahayaan berlapis
Ruang dengan satu jenis lighting (pencahayaan) akan terasa membosankan padahal keberadaannya akan meningkatkan mood di ruang tersebut. Untuk itu, pastikan untuk mendapatkan cahaya dari beberapa sumber, tidak hanya satu sumber. Misalnya tambahkan lilin, lampu hias di pojok ruangan dan sebagainya.

Vas Bunga Di Tengah Meja Makan Mempercantik Ruangan
Vas Bunga Di Tengah Meja Makan Mempercantik Ruangan | Gbr : pinterest

Tambahkan aksesoris
Takut menambahkan aksesoris di ruangan? Mulailah dari hal kecil, misalnya dengan menambahkan vas bunga unik dan semacamnya. Jangan takut untuk mengupdate ruangan dengan elemen-elemen klasik , elemen yang timeless untuk membuat ruanganmu menjadi stylemu.

Dinding Bata Ekspos Dicat Putih
Dinding Bata Ekspos Dicat Putih | Gbr : pinterest

Mulai dengan yang simpel
Jika kamu menggunakan dinding batu bata ekspos dan seolah membatasimu menggunakan warna senada yang kamu suka, mengapa tidak mengecatnya menjadi warna putih misalnya, lalu kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris di rumah dengan warna yang kamu suka.

Jika permukaan dinding sudah lama dan batanya sudah terasa berbeda, daripada khawatir sebaiknya kamu ganti saja bata ekspos merah itu dengan yang lain.

Akibat Kesalahan Ukur Ruangan Untuk Furnitur Sofa
Akibat Salah Ukur Luas Ruangan Sebelum Membeli Furnitur | Gbr : pinterest

Ukur ruanganmu
Sebelum melakukan perubahan apapun pada ruanganmu, pastikan mengukurnya terlebih dulu. Terlebih jika kamu ingin membeli furnitur, pastikan ukur baru beli. Lihat juga ukuran furnitur tadi, apakah akan cocok ditempatkan di ruanganmu?

Memanfaatkan Space Kecil Dibawah Tangga Sebagai Ruang Kerja/Belajar
Memanfaatkan Space Kecil Dibawah Tangga Sebagai Ruang Kerja| Gbr : pinterest

Jangan lupakan fungsinya
Kita semua tentu ingin membeli benda-benda yang cantik, dan secara visual dapat memberikan dampak tertentu. Akan tetapi, jika kamu memiliki ruang yang kecil, yang harus diutamakan adalah bentuk dan fungsinya. Pergunakan setiap inchi ruanganmu dengan cara yang kreatif, terutama bagi rumah kecil yang seolah tidak boleh mengalami berantakan. Jika tak beraturan sedikit saja, maka rumah kecil akan terasa semakin kecil dan sesak. Jika ingin menambahkan hiasan, pilih juga yang fungsional.

Pilih yang simetris
Terkadang kamu melihat hasil karya seni yang tak simetris terlihat menarik. Namun, untukmu yang tak terlalu mengerti tentang seni sebaiknya pilih benda-benda yang simetris yang akan ditempatkan diruangan rumahmu.

Investasikan pada yang kamu suka
Jika mengikuti aturan desain, satu-satunya aturan dalam mendekorasi ruangan adalah dengan membeli hal-hal yang kamu sukai. Namun jangan sepenuhnya ikuti aturan desain itu. Sebelum membeli benda-benda yang kamu sukai, tanyakan ke dirimu sendiri apakah benar-benar sesuai style-mu? Jika ya.. artinya benda itu patut kamu beli terlepas dari apa yang sedang tren.

Tak Berani Pilih Warna Hitam Didalam Ruangan? Coba Saja di Pagar Rumah
Tak Berani Pilih Warna Hitam Didalam Ruangan? Coba Saja di Pagar Rumah!
Gbr : pinterest

Beranilah memilih warna cat
Ingin memiliki ruang yang berbeda? Jika ragu memilih warna terang, membuat ruang gelap menjadi lebih gelap bisa kamu coba.

Jika sudah tahu dasarnya dari beberapa hal diatas, artinya saatnya kamu berani mengambil resiko dan mengikuti nalurimu untuk menciptakan rumah yang benar-benar style-mu. Ikuti aturan dasarnya sebagai panduan saja, namun tetap bebaskan dirimu menyesuaikan.

Terima kasih telah membaca artikel Aturan Desain Yang Sebaiknya Kamu Ikuti. Jika Kamu ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: