Hal Penting Yang Sering Diabaikan Saat Membeli Rumah

Semua pencari rumah memiliki kriteria masing-masing pada rumah yang diinginkannya, dan tentang ukuran serta lokasi biasanya yang menjadi pertimbangan utama. Setelah beberapa minggu atau bulan mencari-cari rumah yang diinginkan dan akhirnya menemukannya, tentulah sangat melegakan.

Tetapi, sebelum melakukan transaksi jual beli, sebaiknya kamu perhatikan beberapa faktor berikut diluar faktor jumlah ruang dan kemudahan publik transportasi :

Orientasi

Jika kamu perhatikan dari beberapa jasa penyedia rumah yang ada, biasanya penawaran mengenai rumah yang menghadap ke arah utara sangat mereka prioritaskan. Jika rumah yang tersedia mengarah ke utara, biasanya mereka akan menawarkan kepadamu rumah itu terlebih dahulu.

Kenapa? Rumah yang menghadap ke arah utara dan timur laut mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika dibandingkan dengan rumah yang menghadap ke arah selatan, biasanya lebih gelap dan rentan lembab. Sementara itu, rumah yang menghadap ke arah barat akan terasa terlalu panas di siang hari yang berasal dari angin laut. (Akan sedikit berbeda bila kami membahas dari sisi Feng Shui-nya).
Namun jika kamu orang yang bekerja di malam hari, kamu mungkin akan memilih rumah menghadap ke selatan karena saat musim panas tidak akan terasa terlalu panas.

Hal diatas adalah yang biasa dipertimbangkan oleh pembeli yang profesional seperti investor misalnya, tetapi akan diabaikan oleh pembeli rumah biasa.

Pertimbangkan Carport Saat Membeli Rumah
Pertimbangkan Carport Saat Membeli Rumah
Gbr : proyek reka persada

Tempat Untuk Mobil

Jika rumah yang kamu akan beli jauh di pinggir kota, tempat parkir mungkin tak akan terlalu penting. Namun, rumah berukuran besar biasanya juga memiliki garasi atau carport yang besar pula. Hal ini yan mungkin sulit didapat oleh orang yang menghuni di kota besar.

Setidaknya sebelum beli rumah, pertimbangkan untuk yang ada carportnya setidaknya cukup untuk 1 mobil. Karena parkir di jalan akan mengganggu tetangga dan pengguna jalan lain.

Saat melihat iklan jual rumah melalui internet, banyak yang memberikan keterangan bahwa terdapat garasi disana, akan tetapi sebaiknya kamu lihat langsung seperti apa rumah itu sebenarnya. Karena sering kali apa yang tertulis di online tak sepenuhnya tepat, terkadang ukuran garasi terlalu pas sehingga untuk memasukkan mobil untuk parkir saja terlalu sulit. Kalau memungkinkan, coba kamu gunakan dulu untuk parkir mobilmu apakah cukup ruang atau tidak.

Dapur

Dapur cukup penting untuk diperhatikan saat akan membeli rumah, entah kamu suka masak ataupun tidak, dapur haruslah ada. Di rumah yang style-nya modern, bahkan dapur sudah seperti pusat sebuah rumah. Terutama rumah yang menggunakan konsep open plan, dapur sudah seperti tempat berkumpul untuk keluarga ataupun teman dekat saat bertamu.

Pertimbangan dapur biasanya cukup dipikirkan oleh pembeli yang sudah berpengalaman atau pembeli yang sudah tua, namun kadang diabaikan oleh pembeli pemula, fungsionalitas dan ukurannya juga.

Keuangan

Tidak hanya jenis properti yang diabaikan ketika pembeli dalam keadaan tergesa-gesa, namun terkadang karena banyak tekanan, biaya tambahan membeli rumah-pun sering diabaikan. Misalnya biaya materai, asuransi, perijinan dan sebagainya juga harus dihitung.

Padahal biaya-biaya tambahan seperti itu juga harus dipertimbangkan dan dipersiapkan ketika membeli sebuah properti. Untuk pembeli yang sangat berhemat dalam mengeluarkan uang mereka, hal-hal seperti ini biasanya sering diabaikan padahal penting.

Terima kasih telah membaca artikel Hal Penting Namun Sering Diabaikan Mengenai Membeli Rumah. Jika Kamu ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: