Tips Berkebun Bagi Pemula

Manfaat ber kebun cukup banyak misalnya mendapatkan udara segar, sebagai alternatif olahraga, relaksasi, dan sebagainya. Tetapi, berkebun dan menanam tanaman untuk pertama kali merupakan tugas yang luar biasa. Untungnya, berkebun banyak kelebihannya dan cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan langsung mempraktekannya. Berikut ini beberapa tips untuk membantu kalian mendapatkan taman sesuai keinginan Anda dengan kreasi Anda sendiri :

Space Kecil Untuk Rumput Kebun
Space Kecil Untuk Rumput

Kenali Tempat

Cari waktu untuk mengenal area tanahmu sebelum memulai berkebun misalnya dengan cara ini :

  • Berjalan-jalan santai di sekitar halaman dengan membawa buku catatan dan buat catatan dari area taman tersebut
  • Tambahkan keterangan dimana area yang mendapat banyak sinar matahari dan yang paling minim mendapatkannya
  • Jika ingin menanam sayuran, buah atau tanaman obat coba cek dulu keadaan tanah Anda. Jika tanahmu tak baik misalnya tanah liat dan semacamnya, sebaiknya tanam saja di pot namun dengan tanah baru
  • Buat list daftar tanaman dan aksesorisnya misalnya pagar atau batu pijakan tanah untuk hiasan yang akan Anda terapkan untuk kebunmu nanti, mana yang akan diganti atau dibuang.
  • Coba duduk di halaman rumah tersebut lalu imajinasikan kebun yang Anda inginkan, biarkan Anda berpikir kreatif disana

Tentukan Style & Tujuan

Cari beberapa gambar bisa dari majalah, koran, internet yang cocok untukmu dan sesuai tema yang kamu inginkan. Manakah yang kamu suka? Taman dengan banyak bunga berwarna-warni atau taman modern minimalis yang terbuka. Memilih visualisasi dari sebuah gambar yang ada di internet yang telah kamu pilih tentunya akan lebih mudah diterapkan nantinya dirumahmu meski diberikan sedikit perubahan sesuai stylemu sendiri. Namun pastikan, style taman apapun yang kamu pilih nantinya, harus disesuaikan dengan style arsitektur rumah meski tanpa mengesampingkan keinginan pribadimu sendiri. Setelah menentukan gambaran taman yang kamu ingin buat, pertimbangkan pula aktivitas apa yang dapat kamu nikmati ditaman rumahmu nanti. Jika kamu memiliki anak yang masih kecil misalnya, kamu mungkin perlu banyak tempat terbuka untuk anakmu berlarian di area taman ini.

Mulai dari Hal Kecil

Tak masalah bila kamu inginkan taman yang besar namun semakin besar taman, makin butuh waktu dan energi untuk merawatnya pula. Pertama-tama tulis apa yang kamu inginkan, misalnya taman/kebun buah, lalu fokuskan lagi pada apa saja yang ada di taman itu misalnya satu area mencoba untuk buah strawberry saat ini, lalu kamu buat lebih banyak lagi di waktu yang lain.

Mengapa di waktu yang lain? Hal ini untuk menjaga agar kamu tak boros membeli tanaman karena, memiliki beragam tanaman memang terlihat menggoda namun menanamnya butuh waktu berbeda untuk tiap tumbuhan, jadi kamu bisa sambil mempelajari apa yang cocok ditanami di halaman rumahmu sendiri.

Membuat Perencanaan

Meskipun nantinya kamu baru akan mencoba menanam satu jenis tanaman, kamu tetap harus merencanakan dahulu. Terlebih bagi kamu yang masih ragu apa yang harus ditanam, sebaiknya lihat-lihat dulu ke toko tanaman dan foto tanaman yang sekiranya menarik perhatianmu (jika diperbolehkan). Lalu, teliti bagaimana cara menanamnya, kapan berbunga/berbuah, seberapa pengaruhnya matahari maupun air yang diperlukannya, pupuk apa yang dipakainya, dan sebagainya. Jadi, kamu bisa menentukan tanaman apa saja yang sekiranya bisa berbuah di waktu yang sama atau yang memiliki kebutuhan matahari dan air yang setara agar perawatan tamanmu tak merepotkan.

Tentukan Peralatan

Jika kamu memilih membuat taman atau melakukan kegiatan berkebun sendiri, pastikan kamu memiliki beberapa peralatan penting yang dibutuhkan untuk melakukannya, seperti :

  • Sarung tangan : Pilih yang nyaman dan melindungi tangan dari duri dan semacamnya.
  • Cangkul : Cangkul untuk menggali tanah yang dalam atau dengan jumlah cukup banyak. Kalau ada, pilih cangkul yang memiliki ujung lancip/meruncing karena lebih mudah digunakan untuk mencangkul dibandingkan dengan sekop yang datar.
  • Sekop : Sekop digunakan untuk menggali tanah dengan skala kecil. Pilih juga yang ujungnya meruncing
  • Selang air & semprotannya : Pilih selang air yang cukup panjang untuk menjangkau tiap sudut taman/kebunmu.
  • Tang kebun : Tang ini digunakan untuk memotong ranting kecil atau gangguan lainnya.

Mencampur Tanaman

Kesalahan saat menanam biasanya salah memilih tanaman yang tumbuhnya/hijaunya musiman. Agar terlihat cantik di musim apapun, sebaiknya campur dengan tanaman yang tumbuh di berbagai musim agar halaman tak terlihat kosong di musim tertentu.

Melakukan Pengulangan

Agar taman rumahmu terlihat rapi, caranya adalah dengan mengulangi jenis tanaman yang sama di area berbeda. Coba hindari mengganti-ganti tanaman agar kerapian tetap terjaga.

Mulailah Dengan Tanaman Yang Terjangkau

Memulai bertanam pertama kali, memilih menggunakan benih (biji) akan lebih menghemat biaya, namun juga akan terasa lama, namun memulainya dengan bibit yaitu tanaman muda yang sudah tumbuh di persemaian tentu lebih mahal namun terbatas pilihannya. Untuk itu pilih saja dari kombinasi keduanya. Tanaman yang cukup mudah ditanam untuk pemula adalah selada, buncis/kacang-kacangan, bunga matahari.

Tanam Apa Yang Kamu Sukai

Mungkin hal ini terdengar simpel namun ini juga penting. Mengapa? Menanam butuh perhatian dan konsisten, dan hal yang paling menyenangkan saat berkebun adalah melihat hasil dari tanaman yang kamu tanam. Misalnya menanam buah strawberry, tentu paling senang ketika melihat buah strawberry merah telah berbuah. Nah, untuk itu mengapa memilih tanaman yang kamu sukai menjadi penting karena untuk menjaga kamu selalu termotivasi menjaga tanaman tersebut hingga tumbuh sesuai keinginanmu.

Perdalam Pengetahuan

Jangan patah semangat bila tanamanmu nanti mati, tak berbuah atau lama bertumbuh, mungkin kamu hanya butuh kesabaran dan ketelitian. Cek apa yang kurang, cari informasi apa penyebabnya, perdalam ilmu yang kamu miliki untuk berkebun ini. Selain artikel di internet, kamu juga bisa mengikuti komunitas dan menambah teman.

Itulah artikel mengenai Tips Berkebun Bagi Pemula. Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: