Tips Membuat Rumah Terasa Menenangkan

Disaat tertentu, dimana stress terjadi karena pekerjaan menumpuk, hal yang kamu inginkan saat sudah sampai dirumah adalah menenangkan diri, merelaks-kan tubuh dan menjauh dari pekerjaan yang seharian telah kamu lakukan. Istirahat dirumah tanpa memikirkan permasalahan yang membuatmu stress merupakan salah satu hal yang bisa kamu lakukan dan diharapkan keesokan harinya, kamu sudah merasa segar kembali. Namun, saat kondisi rumah tak seperti yang diharapkan misalnya rumah berantakan, berisik, kotor tentu hal ini malah akan membuatmu semakin stres.

Untungnya, rasa relaks ini sebenarnya bisa dibuat dengan beberapa elemen yang mengandung unsur “kedamaian”. Unsur ini harus kamu sesuaikan dengan dirimu sendiri. Bagaimana caranya?

Ruang Tamu Yang Rapi Lebih Tenang
Ruang Tamu Rapi & Bersih Terasa Menenangkan | Gbr : pinterest

Temukan inspirasi dari tempat dan waktu dimana kamu merasa tenang, lalu coba pikirkanlah kembali karakteristik dari hal yang membuatmu tenang itu, misalnya suasana sekitar, warna yang mendukung ketenangan itu, dan sebagainya.

Pencahayaan, warna dan tekstur yang tepat dapat membuat hidup terasa lebih nyaman, dan inilah seharusnya yang kamu prioritaskan. Terutama dimasa sekarang ini yang seolah-olah semua hal bisa menjadi masalah jika tidak dipikirkan dengan pikiran yang tenang.

Berikut cara membuat rumah lebih tenang dan relaks :

  • Rapikan rumah
    Fungsi elemen-elemen yang ada di dalam rumah haruslah tepat guna. Misalnya, jika ada tempat untuk meletakkan surat, taruhlah disitu jangan hanya membukanya lalu biarkan dimeja berserakan. Artinya, usahakan tiap hal didalam rumah berfungsi sebagaimana mestinya. Jika saat ini rumahmu berantakan dan tiap area tak difungsikan sebagaimana mestinya, coba lakukanlah sedikit demi sedikit dengan cara meluangkan waktu 5 menit setiap hari untuk merapikan satu area rumah agar berguna seperti yang seharusnya. Misalnya tiap pagi, luangkan waktu untuk membersihkan kamarmu sendiri sebelum beranjak melakukan aktifitas seperti mandi dan makan pagi.
  • Buat objek favoritmu lebih menonjol
    Memberikan sedikit perhatian pada hal-hal yang kita sukai adalah hal yang worth it untuk dilakukan. Misalnya jika dirumahmu ada rak yang berantakan, padahal disebelahnya ada hiasan yang indah dan kamu sukai, bersihkanlah rak lalu taruhlah hiasan itu dirak tersebut. Buat hiasan menjadi pusat perhatian, selain memperindah bagi yang melihatnya, kamu sendiri-pun akan senang karena obyek yang ditonjolkan adalah favoritmu.
  • Buat pencahayaan campuran
    Berbagai pencahayaan akan memberikan efek yang lebih tenang daripada satu lampu saja pada plafon rumahmu. Lampu dinding, lampu meja adalah beberapa pilihan yang dapat kamu gunakan untuk memadukan beberapa cahaya. Namun, tak hanya jenis lampu apa yang digunakan, pilih lampu bohlam yang tepat juga adalah kunci mendapatkan pencahayaan yang pas.
  • Gunakan warna pucat (warna yang tak terlalu terang)
    Apa yang seseorang pikir dapat menenangkan, belum tentu orang lain juga berpendapat sama. Namun, secara umum warna-warna seperti putih, biru, hijau dan abu-abu dapat menimbulkan suasana tenang. Meski setiap orang memiliki kecenderungan berbeda, namun biasanya warna terang cenderung merangsang otak lebih semangat, sementara warna pucat (tidak gelap, tetapi juga tidak terang) cenderung menenangkan.
  • Ulangi warna pada seisi rumah
    Jika kamu mengulangi 3 atau 4 warna dalam satu ruangan, ada kesan kontinuitas yang menenangkan mata. Akan tetapi, sesuaikan juga dengan dekorasinya terutama pada rumah dengan konsep open plan.
  • Beri tirai
    Untuk membuat ruang lebih tenang dan private, gunakan kain tirai putih sederhana. Hal ini tak hanya membuat furniture terasa lebih tenang, namun secara keseluruhan ruangan juga.
  • Gunakan benda dengan tekstur & motif lembut
    Gunakan bantal lembut dan tempatkan pada sofa agar terasa lebih nyaman, gunakan juga kain wool atau karpet untuk lantainya.
  • Beri tanaman hijau
    Agar ruang terlihat lebih hidup, kamu bisa memberi bunga atau tanaman. Taruh tanaman di pot yang cantik lalu letakkan di sisi meja, maka ruanganmu akan terlihat lebih hijau.
  • Gunakan karya seni
    Karya seni memiliki kekuatan sendiri untuk membuat suasana yang menenangkan. Banyak orang menikmati pemandangan, lautan, maupun sekedar foto hitam putih.
  • Batasi penggunaan teknologi
    Memiliki satu perangkat yang dapat mengendalikan seluruh ruangan rumahmu memang sangat cocok ideal dalam hal mengurangi waktu beraktifitas. Penggunaan teknologi memang seperti pisau bermata dua. Berbagai teknologi dapat benar-benar membantu mempermudah aktivitasmu, namun terkadang karena teknologi pula kamu merasa pusing karena tak bisa mengontrol penggunaannya. Gunakanlah teknologi yang benar-benar bermanfaat untukmu.

Sumber : realestate.boston.com

Terima kasih telah membaca artikel Tips Membuat Rumah Terasa Menenangkan. Jika Kamu ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: