Tips Rapi kan Rumah Tuk Maksimalkan Produktivitas

Seperti halnya kegiatan setelah bersih-bersih inbox di email yang membuatmu merasa lebih fokus dan efisien saat akan mengerjakan email penting saja, bersih-bersih rumah-pun memiliki efek yang demikian. Mengapa? Karena rumah yang rapi dan bersih dapat meningkatkan produktivitas. Bagaimana hal ini mempengaruhi produktivitas seseorang? Berdasarkan penelitian salah satu Universitas di Amerika Serikat yang membandingkan pekerjaan beberapa orang di ruangan yang rapi vs ruangan berantakan ternyata hasilnya berbeda. Hasilnya adalah orang-orang yang bekerja di ruangan yang berantakan, perhatiannya cenderung akan “bersaing” dengan lingkungan yang tak rapi itu, yang menyebabkan berkurangnya fokus dan meningkatnya stress saat mereka bekerja. Untuk memudahkanmu saat berbenah rumah, berikut ini kami berikan tips merapikan tiap ruang di dalam rumah agar lebih mudah :

Penggunaan Kaca Kamar Mandi Sempit

Kamar Mandi

Jika terdapat rak di kamar mandi, keluarkan semua isi di rak tersebut, cek tanggal kadaluarsa makeup-mu seperti lipstik, bedak dan sebagainya. Cek juga peralatan mandi karena ini yang paling sering ditinggalkan dikamar mandi misalnya bungkus pasta gigi yang sudah habis, botol shampoo dan sebagainya, serta cek obat-obatan bila ada. Buang yang tak perlu seperti facial wash yang bikin jerawatan, sabun, dll karena terkadang produk yang kamu beli namun ternyata tak cocok, kamu biarkan masih di kamar mandi karena sayang dan masih berharap suatu saat akan terpakai, padahal tidak digunakan hingga kadaluarsa. Bersihkan rak lalu masukkan barang-barang penting dan bermanfaat seperti handuk, perlengkapan mandi, dan sebagainya.

Simpan Yang Bermanfaat Saja
Gunakan barang-barang yang memang cocok dan bermanfaat untukmu dan habiskan dulu sebelum membeli produk baru lainnya agar kamar mandi tak berisi tumpukan barang tak berguna.

Gantunglah
Gantungkan benda-benda yang memungkinkan seperti handuk, pakaian dan semacamnya dan pastikan tinggi pengait mudah dijangkau dari tinggi badanmu.

Rak di Dinding

Dapur

Dapur biasanya memang seolah-oleh seperti tempat yang rawan untuk terjadinya kesemrawutan. Hal ini disebabkan oleh peralatan masak yang banyak, belum lagi peralatan baking bagi kamu yang suka berkreasi membuat roti seperti cetakan roti yang besar hingga kecil, loyang, alat elektronik seperti blender, mixer dan masih banyak lagi. Pastikan benda-benda yang ada di dapur memang yang digunakan disana. Singkirkan yang tak berhubungan dengan masak.

Rapikan Pantry
Pantry yang digunakan sebagai tempat penyimpanan, bersihkan dari bahan masakan yang tak berguna atau sudah expired atau bisa kamu berikan ke orang lain untuk bahan yang masih layak. Kelompokkan bahan masakan ke sejenisnya misalnya pasta dan mie, jajanan dan permen lalu aturlah di rak yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Untuk bahan makanan yang sering kamu konsumsi, taruh pada rak paling dekat jangkauannya seperti kardus susu, sereal, selai dan sebagainya.

 Sederhanakan
Agar pantry lebih terlihat rapi dan juga kegiatan di dapurmu lebih efektif dan efisien, buat pantrymu lebih sederhana dari sisi kerapian dan tampilannya. Contohnya adalah dengan menempatkan bahan makananmu kedalam wadah-wadah seragam yang diberikan tulisan di masing-masing wadahnya seperti gula, garam, dan bumbu masak lainnya. Selain membuat bahan makananmu lebih segar dan awet lebih lama, juga terlihat lebih rapi saat mengambilnya maupun saat melihatnya saja. Selain itu kamu juga lebih mudah tahu mana bahan yang sudah/hampir habis dan segera membelinya.

Kamar Tidur

Lihat apakah meja di kamar tidurmu penuh dengan tumpukan buku, kertas maupun nota? Jika ya, tentunya kamu harus segera membereskannya. Letakkan saja benda yang penting seperti kaca mata, buku yang sedang dalam proses kamu baca, majalah terbaru dan hal-hal lain yang rutin kamu gunakan sebelum tidur.

Pembatas Ruangan Untuk Hiasan Headboard Kasur Ruang Tidur

Rapikan Kasur
Singkirkan apapun yang ada diatas kasur kecuali selimut, bantal maupun guling. Hanya melakukan ini saja, ruanganmu akan terlihat lebih rapi.

Lemari Pakaian

Ada yang bilang lemarimu merefleksikan hidupmu. Mayoritas orang memiliki lemari pakaian yang isinya berupa barang yang jarang atau tidak pernah dipakai lagi. Luangkan sedikit waktu untuk memilih pakaian mana yang kamu sukai, yang kamu masih pakai misalnya dimulai dengan memisahkan pakaian kerja, olahraga, hangout, dan pakaian di rumah saja. Buang atau sumbangkan pakaian layakmu yang sekiranya memang tak digunakan lagi. Selain hemat tempat dan lebih rapi, kamu juga dapat pahala karena beramal kan?

Pakai Gantungan
Agar terlihat lebih rapi, gunakan gantungan dengan style dan warna yang sama, lalu gantungkan pakaianmu dengan gantungan ini. Lalu, atur sesuai seleramu misal atur berdasar style, kegunaan atau warna.

Jemuran/Ruang Cuci

Buat Secara Vertikal
Maksimalkan space vertikal ruang cucimu dengan memasang rak atau kabinet. Kemudian simpan deterjen, pewangi maupun pemutih pakaian dan sebagainya di rak ini. Pasang juga gantungan pakaian mendatar untuk menggantung pakaian kering. Selanjutnya, seperti saat menyimpan bumbu dapur, simpan juga deterjen bubukmu kedalam wadah yang cukup besar untuk menyimpan deterjen beserta sendok takarnya. Jangan lupa untuk menempatkan ke wadah khusus juga untuk pewangi dan pemutih pakaianmu.

Sortir pakaianmu
Agar pakaianmu tak bercampur warnanya, sebaiknya pisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna, untuk itu sediakan kotak khusus untuk menaruh pakaian kotor dengan berbeda warna, jangan lupa beri label di tiap tempatnya.

Itulah artikel mengenai Tips Berbenah Rumah Tuk Maksimalkan Produktivitasmu . Ingin bangun rumah di Jogja, renovasi rumah di Jogja ataupun konsultasi rumah di Jogja dengan Arsitek Pemborong pada Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada – Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: