Tips Ruang Terkesan Lebih Besar Atau Lebih Kecil

Memiliki rumah berkonsep open plan yang berukuran besar namun tak ada isinya juga bukanlah hal yang menarik. Namun memiliki rumah seperti itu sebagai pemilik rumah tentu merasakan tantangan tersendiri saat menata ruang tamu, dapur dan ruang makan. Jika kamu punya sebuah ruangan besar yang biasa digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga disana, ada cara yang cukup efektif untuk membuat ruang tersebut seolah memiliki ‘area khusus’ di beberapa sudut.

Ruang Tamu Warna Dinding Netral Dengan Hijau Sebagai Aksen
Karpet Untuk Mendefinisikan Area Ruangan | Gbr : pinterest

Karpet

Karpet yang diletakkan di area yang tepat dapat menegaskan letak ruang tamu itu sendiri. Pastikan karpet yang kamu gunakan cukup besar setidaknya untuk diletakkan dilantai diantara kaki-kaki depan sofa/kursi. Namun, sebaiknya dengan ukuran lebih besar lagi justru semakin terlihat bagus.

Jika ruang tamu berukuran super besar kamu juga bisa menambahkan karpet lain untuk area baca atau area duduk santai. Menggunakan karpet bundar juga cocok untuk area baca atau area ngobrol yang bisa dibuat untuk duduk dimana saja dengan nyaman di ruang itu,

Pencahayaan Mempengaruhi Warna Ruangan
Pencahayaan Yang Tepat di Kamar Tidur Untuk Kesan Intimate | Gbr : pinterest

Pencahayaan

Lampu adalah salah satu cara yang baik untuk digunakan sebagai pembatas yang jelas antar satu ruang dengan ruang lainnya. Misalnya floor lamp yang bagus digunakan sebagai tambahan di ruang baca karena lampu ini pas menjangkau keseluruhan rumah.

Lampu gantung juga bagus diletakkan di ruang tamu, juga lampu dinding atau di plafon untuk menegaskan keterbukaan sebuah area. Pencahayaan yang tepat juga dapat digunakan untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih intimate.

Lukisan Terlihat Tak Seimbang di Dinding Yang Lebar
Sofa Besar Untuk Ruang Berukuran Besar | Gbr : pinterest

Furnitur

Menemukan furnitur dengan ukuran yang tepat adalah hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ruang yang terasa nyaman namun terasa hidup. Namun ruang yang besar perlu furniture yang besar pula karena jika memilih yang kecil tentunya tidak nyaman.

Tips Ruang Tamu Yang Rapi
Gunakan Cermin di Ruang Tamu Berukuran Kecil | Gbr : pinterest

Cermin (Kaca)

Kaca adalah tips termudah untuk dilakukan di manapun termasuk di ruang kecil. Seperti pada karpet maka lebih besar akan lebih baik hasilnya. Sebuah cermin diletakkan diatas perapian atau digantung sebagai wall art akan selalu ‘membuka sebuah ruangan terlihat lebih menarik’ meski cermin dinding-lah yang paling efektif.

Saat menggunakan cermin/kaca, pastikan memperhatikan refleksinya dengan benar. Apakah merefleksikan tampilan yang bagus atau tidak. Jika menempatkan cermin pastikan apakah refleksinya akan memperbaiki tampilan atau tidak. Refleksi yang memperbaiki tampilan misalnya terkait karya seni, dekorasi, dsb.

Jika tips terkait membuat ruang terasa lebih kecil sudah kami informasikan diatas, berikut ini beberapa tips membuat ruang kecil terkesan lebih besar :

Meletakkan Benda ke Atas

Untuk membuat ruang kecil terasa lebih besar caranya adalah dengan memanfaatkan ruang sebaik-baiknya salah satunya dengan cara mengangkat sebanyak mungkin benda dari atas tanah. Artinya, jika memungkinkan untuk memilih jenis kursi-pun pilihlah jenis kursi seperti kursi cantilever yaitu kursi yang memiliki area terbuka dibawahnya dengan kaki kursi yang ramping. Hal ini dapat membuat area lantai terlihat lebih terbuka. Lemari dan rak kayu juga sebaiknya pilih yang menempel pada dinding secara vertikal daripada yang horizontal.

Pagar Rumah Dengan Warna Hitam
Gunakan Warna Gelap di Tempat Yang Tepat | Gbr : pinterest

Berani dengan warna

Berbeda dengan pendapat kebanyakan orang yang menghindari warna gelap, justru warna gelap tidak selalu membuat ruang kecil semakin kecil. Faktanya memilih warna gelap yang tepat justru dapat mengaburkan batasan sebuah ruang dan menipu mata yang berpikir seolah suatu hal tidak bertepi atau bersudut.

Tips Ruang Tempat Tidur Kasur Multi Fungsi Dengan Rak di Bagian Bawah
Tempat Tidur Kasur Multi Fungsi Dengan Rak di Bagian Bawah | Gbr : pinterest

Penyimpanan

Memaksimalkan area yang ada di rumahmu berkaitan erat dengan bagaimana kamu menggunakan setiap elemen yang ada didalamnya. Saat memilih furnitur pilihlah yang multifungsi misalnya pilih tempat tidur yang ada rak penyimpanannya untuk menyimpan beberapa peralatan sekitar kasur, dan sebagainya.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Ruang Terkesan Lebih Besar Atau Lebih Kecil. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang atau ingin konsultasi rumah, desain, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: