Sering Terlupakan, Bagian Rumah Ini Jarang Dibersihkan

Bagi kebanyakan orang, bersih-bersih rumah merupakan hal yang mungkin paling malas untuk dilakukan. Terlebih jika mendengar seseorang berkomentar tentang sudut rumah ada yang kelewatan untuk dibersihkan dan menghubung-hubungkannya dengan hal yang mungkin terjadi jika kamu tak segera membersihkannya juga.

Agar bersih, lantai perlu dipel sedangkan meja perlu dilap. Akan tetapi, setiap bangku memiliki perlakuan berbeda untuk membersihkannya. Dan hal-hal seperti inilah yang terkadang membuat kegiatan bersih-bersih menjadi semakin rumit untuk dilakukan.

Dalam sebuah website diskusi di Amerika yang dibenarkan keakuratannya oleh beberapa tukang bersih-bersih profesional, membagikan info terkait bagian mana dalam sebuah rumah yang sering kali diabaikan saat bersih-bersih rumah. Ini biasanya disebabkan karena tidak terlalu memperhatikan detail kecil saat bersih-bersih rumah. Berikut ini beberapa bagian rumah itu :

Kamar Mandi Harus Sering Dibersihkan
Kamar Mandi | Gbr : decorpad.com

Jamur di kamar mandi, di dinding dan sekitar jendela

Ada jenis jamur yang tidak baik untuk kesehatan. Kamu perlu cairan pembersih untuk menghilangkannya. Jangan lupa juga untuk membersihkan area yang pernah tumbuh jamur secara berkala karena jamur itu bisa tumbuh lagi ditempat yang sama.

Satu tips lain yang terkesan sederhana yaitu membuka jendela. Tak banyak orang membuka jendela kamar/rumahnya untuk mendapatkan udara segar, padahal ini cukup penting dilakukan agar rumah terhindar dari jamur karena lembab.

Handle Pintu Sering Kali Kotor dan Terabaikan
Handle Pintu Sering Terabaikan | Gbr : pinterest

Membersihkan area sekitar pintu serta pegangan pintu, lemari dan saklar lampu

Memikirkan tentang seberapa banyak tangan yang telah menyentuh pegangan pintu dan saklar lampu seharusnya kamu tak heran jika bagian ini juga harus kamu bersihkan. Tak perlu repot-repot, cukup mengelapnya dengan kain sedikit basah sudah cukup untuk membuatnya bersih.

Exhaust Dapur Proyek Reka Persada Kontraktor Jogja
Exhaust Dapur | Gbr : Proyek Reka Persada

Filter pada exhaust dapur

Meski sering menggunakan kompor di dapur untuk memasak, terkadang membersihkan filter dari exhaust seringkali luput dilakukan. Padahal jika tak kamu lakukan, lama kelamaan fungsi exhaust untuk menyerap asap saat memasak di dapur bisa tidak optimal. Cara membersihkannya tinggal melepas filter dari mesin exhaust, lalu rendam dalam bak cuci piring yang sudah kamu isi dengan air panas dan cairan pembersih.

Shower Kamar Mandi juga perlu dibersihkan
Shower Kamar Mandi | Gbr : Pinterest

Shower

Shower kamar mandi mungkin memang bermanfaat untuk “membersihkan” dirimu saat mandi, namun sayangnya ia tak bisa membersihkan diri sendiri. Pangkal shower terkadang kotor namun mungkin kamu abaikan. Kotoran ini bisa menghambat air yang keluar dan membuat jamur tumbuh disana karena terus menerus terlewati air.

Wadah sikat gigi

Tempat sikat gigi dan sabun sebaiknya kamu bersihkan juga secara berkala hal ini untuk menghindari sikat gigi tercemar dari kotoran di wadahnya.

Tirai kamar mandi

Jika di kamar mandimu terdapat tirai yang biasanya digantungkan disamping bathtub atau untuk menutupi area shower, biasanya tirai ini sering terlupa untuk dibersihkan. Padahal, tirai kamar mandi biasanya terkena kotoran seperti sabun dan air yang terpercik saat mandi. Untuk itu, lakukan pencucian tirai secara berkala.

Rak Piring Juga Perlu Dibersihkan Bagian Bawahnya
Rak Piring | Gbr : kitchencabinetkings.com

Rak piring

Rak piring yang biasa digunakan untuk meletakkan piring basah agar cepat kering biasanya kotor terutama di bagian bawahnya. Periksa area ini dan bersihkanlah karena air dan jamur mungkin sudah menumpuk disana. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti spons cuci piring secara teratur agar piring yang kamu cuci dengan spons itu bisa bersih maksimal.

Microwave

Sebenarnya tergantung seberapa sering kamu menggunakannya, sesering itu pula-lah kamu harus membersihkannya. Untuk membersihkan microwave cukup mudah, kamu hanya perlu mengisi mangkok kecil dengan air kira-kira setengahnya saja, kemudian tambahkan cuka. Hidupkan panaskan microwave yang berisi mangkok tadi untuk 4-5 menit. Setelah itu tinggalkan mangkok 10-15 menit didalam microwave, lalu buka pintunya dan lap bagian dalam microwave dengan kain.

Jika kamu sering menggunakan microwave, lakukan hal tersebut setiap beberapa hari sekali. Namun bila setelah menggunakan microwave terdapat percikan kotoran dimana-mana, maka kamu harus membersihkannya saat itu juga.

Terima kasih telah membaca artikel Sering Terlupakan, Bagian Rumah Ini Jarang Dibersihkan. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang atau ingin konsultasi rumah, desain, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *