Cara Pilih Keramik Dinding Untuk Interior Ruang

Keramik Dinding – Memilih keramik untuk pengaplikasian pada dinding merupakan salah satu cara membuat tampilan dinding Anda makin indah. Namun, karna pemasangannya yang tak bisa dianggap mudah, masalah yang ditimbulkan saat melakukannya bisa saja terjadi. Selain itu pemilihan motif dan style pengaplikasian keramik pada dinding tersebut juga perlu perhatian khusus agar Anda tak menyesal nantinya.

Bila dulu Anda hanya familiar dengan keramik yang dipasang pada dinding untuk kamar mandi, sekarang ini keramik dapat dimanfaatkan dimana saja seperti pada dapur, bahkan ruang tamu. Terlebih sekarang sudah tersedia berbagai macam motif keramik dinding seperti motif kayu, floral, dan sebagainya. Namun, pengaplikasiannya harus sesuai agar menambah estetika ruangan tersebut, bukan sebaliknya.

Berikut ini kami ungkapkan beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan keramik dinding :

Kelebihan

Tahan Lama
Meskipun keramik dinding lebih tipis dibanding keramik lantai biasa, keramik dinding tentu lebih tahan lama dibandingkan dengan mengunakan wallpaper yang mudah robek dan rusak bila basah/lembab.

Mudah Dibersihkan
Berbeda dengan dinding dengan cat biasa, keramik dinding lebih mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan air dan pembersih lantai biasa.

Kekurangan

Lebih Mahal
Semakin luas penggunaan keramik dinding pada rumah Anda, tentu akan semakin besar pula biaya yang Anda keluarkan, terlebih harga per meter persegi keramik berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu tergantung motif, merk dan kualitas tentunya. Ini tentu lebih mahal dibandingkan dengan cat biasa yang satu kaleng bisa digunakan untuk beberapa meter.

Keramik Dinding Motif Floral
Keramik Motif Bunga

Sulit di Pemasangan
Berbeda dengan keramik lantai, keramik untuk di dinding lebih sulit pemasangannya karena pemasangan pada alas tegak lurus, oleh karena itu butuh tukang yang memiliki keahlian khusus supaya pemasangan tetap rata dan lurus. Untuk motif keramik tertentu seperti pada gambar disamping, butuh waktu ekstra untuk pemasangan agar didapat rangkaian gambar sesuai dengan yang diinginkan.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, berikut ini kami berikan informasi bagaimana cara memilih keramik dinding yang tepat untuk interior rumah Anda :

Style Rumah
Lihat dulu, apa style rumah Anda saat ini. Sesuaikan motif keramik yang akan Anda pasang dengan style rumah Anda saat ini untuk keseimbangan ruangan.

Ukuran Keramik
Keramik dinding berukuran kecil biasanya cocok dengan ruangan kecil misalnya pada dapur, kamar mandi, tempat cuci baju. Untuk ruang tamu yang besar, sebaiknya pilih keramik berukuran besar pula.

Ukuran Ruang
Menggunakan keramik lantai untuk keramik dinding akan membuat ruangan rumah Anda lebih menyatu, namun hal itu tak mungkin dilakukan karena spesifikasi lantai dinding tentu berbeda dengan lantai keramik, misalnya dari tingkat ketebalan dan kekerasannya. Hal ini dikarenakan keramik lantai difungsikan untuk menahan beban berat.
Pada ruangan kecil, keramik dinding yang berwarna cerah akan membuat kesan ruangan tersebut lebih besar. Untuk ruangan yang sudah lebar, Anda tentu lebih fleksibel dalam memilih model keramik yang gelap maupun terang.

Warna
Tentukan feel yang akan Anda ciptakan pada ruangan yang akan Anda pasangi keramik dinding. Misalnya pada kamar mandi, Anda ingin kesan yang menenangkan, pilih warna yang saling kalem seperti warna-warna pastel disesuaikan dengan lantai. Jika menginginkan kesan semangat, pilih warna yang berani dan kontras.

Keramik Dinding Nat Putih
Keramik Dinding Nat Putih
Keramik Dinding Nat Hitam
Keramik Dinding Nat Hitam

Nat Keramik
Meski terkesan sepele, sebaiknya Anda juga perlu memikirkan warna yang tepat untuk nat. Warna nat yang kontras akan menegaskan garis-garis keramik, begitu pula sebaliknya warna yang senada dengan keramik tersebut akan membuat kesan keramik seolah-olah menyatu. Seperti pada gambar disamping, pada tempat cuci piring, dinding keramik model garis vertikal menggunakan nat warna putih untuk menyamarkan warna, menimbulkan kesan seolah-olah keramik menjadi satu dilihat dari kejauhan. Sementara pada gambar kamar mandi menggunakan nat warna hitam untuk mempertegas bentuk keramik.

Tekstur
Tentukan pula tekstur keramik, apakah pilih yang matte atau glossy

Pencahayaan
Keramik jenis glossy cocok dengan area gelap yang dapat menimbulkan refleksi cahaya hingga berkesan menawan

Sumber Gambar : pinterest & lushome.com & dobkanize.com

Artikel : rumah123.com & homestolove.co.nz

Itulah beberapa plus minus rumah bertema alam. Dari berbagai hal diatas, mungkin Anda punya tambahan? Tulis di kolom komentar ya!

Bagi Anda yang membutuhkan jasa bangun rumah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *