Ingin Konsep Dapur Terbuka? Simak Dulu Hal Ini!

Kontraktor Jogja – Tren outdoor kitchen (dapur terbuka) memang sudah ada sejak beberapa tahun terakhir. Tren ini ada biasanya karena pemilik rumah punya halaman belakang yang luas dan kebiasaan mereka yang senang bebakaran makanan di luar rumah. Anda sedang bangun rumah? Ingin punya dapur terbuka juga? Yuk ketahui dulu berbagai manfaat memilikinya :

Good for Entertaining
Keuntungan memiliki dapur terbuka adalah cocok untuk entertaining. Misalnya ketika ada tamu datang, saat waktu makan malam tiba, Anda tinggal mengajak mereka ke dapur, kemudian nyalakan kompor dan panggang beberapa daging, ikan, jagung atau makanan lainnya sambil mengobrol akan terasa lebih mengasyikan. Bayangkan bila Anda melakukannya di dapur biasa didalam rumah, dapur Anda pasti akan terasa sesak saat para tamu ikut kesana.

Menghemat Penggunaan AC
Saat musim kemarau, dan memasak dirumah tentu udara sekitar dapur akan terasa panas, Anda akan menyalakan AC untuk mendinginkan ruangan. Hal ini tentu berbeda jika dapur Anda di luar ruang terbuka, yang tak secara langsung berefek pada ikut memanasnya udara pada ruang lain di dalam rumah

Rumah Tidak Bau
Banyak makanan yang berbau sedap saat dimasak, namun ada juga yang aromanya terlalu kuat misalnya pada ikan, dan semacamnya. Aroma-aroma ini hilang cukup lama didalam ruang. Berbeda bila dapur Anda diluar, bau ikan tak ikut masuk ke dalam rumah terlalu lama.

Menghemat Biaya Makan Di Restoran
Saat Anda memiliki dapur terbuka di luar ruang, terlebih bila Anda punya kompor grill untuk barbeque juga, siapa yang masih ingin ke restoran? Anda bisa makan dengan menyenangkan di rumah bersama teman dan keluarga layaknya di cafe atau restoran.

Meskipun ada banyak hal memiliki dapur terbuka, beberapa hal berikut ini juga harus Anda pertimbangkan bila ingin menerapkannya di rumah baru Anda :

Dimana Anda tinggal dan Seberapa Sering Menggunakannya
Bila Anda tinggal di daerah rawan hujan dan banjir, pertimbangkan berbagai hal saat ingin membuat dapur terbuka, pastikan selang untuk kompor gas Anda dan berbagai peralatan elektronik benam yang Anda miliki tetap aman seperti oven atau kompor.

Tahan Cuaca
Seperti pada poin pertama, pilih furniture atau alat masak yang berkualitas baik agar cukup tahan pada hawa panas dan dingin saat musim kemarau dan hujan nanti

Jarak Dengan Dalam Rumah
Setelah masak, tentu Anda ingin segera meletakkannya di meja makan atau ruang keluarga untuk disantap seluruh anggota keluarga. Pastikan jarak dapur outdoor tak terlalu jauh bila Anda ingin sering bolak-balik ke ruang makan.

Keamanan
Di dapur, Anda biasanya meletakkan berbagai perabot masak seperti oven, lemari es, blender, mixer dan sebagainya. Pastikan dapur Anda aman dari jangkauan orang jahat. Jangan sampai malah Anda seperti menyediakan lahan segar untuk para pencuri.

Setelah membaca berbagai poin diatas dan Anda masih berkeinginan memiliki dapur terbuka, berikut ini kami berikan beberapa referensi bagi Anda :

 

 

Dapur Terbuka
Sumber Gbr : flcreativeoutdoorkitchens.com
Dapur Terbuka di Halaman Belakang Rumah
Sumber Gbr : today.line.me
Outdoor Kitchen with Grill
Sumber Gbr : hgtv.com
Dapur Terbuka Minimalis
Sumber Gbr : margatirtakencana.com

Sumber Gambar : flcreativeoutdoorkitchens.com, hgtv.com, minimalisxrumah.com, today.line.me, margatirtakencana.com

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui saat akan membuat dapur terbuka. Dari berbagai hal diatas, mungkin Anda punya tambahan? Tulis di kolom komentar ya! Bagi Anda yang membutuhkan jasa bangun rumah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

%d bloggers like this: