Ingin Membeli Rumah? Jangan Hanya Fokus Pada Hal Ini!

Tips Jika Ingin Membeli Rumah – Saat kamu berhenti di pusat perbelanjaan (mall), maupun di toko, umumnya mengincar barang yang secara estetika terlihat menarik. Namun, untuk elemen tambahan di ruangan rumah, biasanya yang dipajang di mall tersebut sifatnya yang sedang trend saja. Daripada tertarik untuk turut membelinya, usahakan fokus pada tujuanmu, apakah diperlukan atau tidak jika kamu membelinya?

Sama halnya jika kamu ingin membeli rumah, kamu seharusnya fokus pada hal-hal penting dirumah tersebut misalnya yang terkait dengan pemipaan, jaringan kabel, atap dan semacamnya. Jangan hanya sekedar melihat dari tampilan rumah yang cantik saja. Terlebih bila kamu ingin membeli rumah untuk tujuan investasi yang akhirnya akan dijual kembali. Jika sekedar membeli rumah namun mengabaikan hal-hal penting karena ingin mendapatkan harga murah, maka jangan heran jika nanti kamu akan sulit menjual rumah tersebut kembali.

Ketika kamu ingin membeli rumah, pastikan kamu memiliki berbagai list yang harus ada pada sebuah rumah, namun kamu harus fleksibel juga pada hal tertentu, terutama pada hal kecil yang sebenarnya masih bisa ditolerir. Misalnya jangan langsung menolak rumah hanya karena kamu melihat salah satu kran bak cucinya terlihat sudah lama, padahal untuk mengganti kran tersebut sangatlah mudah dan murah. Begitu pula sebaliknya, jangan langsung membeli rumah yang dari tampilan depan terlihat bagus padahal atap yang kerangkanya dari kayu, sudah terlihat lapuk dan rapuh. Berikut ini beberapa hal yang harusnya tak menjadi fokusmu saat ingin membeli rumah :

Kran Air Pada Bak Cuci di Dapur
Kran Air Pada Bak Cuci di Dapur | Gbr : Proyek Reka Persada

Kran Air
Ketika membahas tentang kran, tak akan terpisahkan oleh bak cuci, dan seperangkat sistem pemipaannya. Misalnya sebuah rumah di pinggir kota dengan desain wastafel yang bagus dan unik, tetapi jika dipikir-pikir, apakah kamu akan semudah itu membeli rumah hanya karena tertarik dengan wastafelnya?

Jika kamu melihat dapur atau kamar mandi dengan kran yang sudah lama, jangan langsung menge-judge bahwa rumah itu jelek secara keseluruhan. Mengganti pernak-pernik kecil di kamar mandi dan dapur dengan pernak-pernik yang baru seperti mengganti pegangan pintu, mengganti cover saklar, pegangan lemari kabinet, rak handuk di kamar mandi, maupun mengganti gantungan baju di dinding hanya perlu obeng maupun tang untuk melepasnya dan kamu sudah bisa menggantinya dengan yang baru, hanya ini saja sudah membuat dapur maupun kamar mandi terlihat lebih fresh. Untuk itu, jangan asal menghakimi sebuah rumah hanya karena melihat kran airnya sudah lama padahal air dan salurannya masih baik dan lancar.

Lampu Gantung Kesan Mewah
Lampu Gantung Kesan Mewah
Gbr : Pinterest

Pencahayaan
Lampu gantung kristal banyak digemari, namun daripada sekedar menginginkannya karena terlihat menawan, lebih baik beli jenis lampu lain dengan harga yang jauh lebih murah. Jangan sekedar mengagumi lampunya, periksa juga kabel listrik disana. Janganlah tertarik membeli rumah hanya karena alasan lampu gantung ini.

Plafon Unik Sebagai Statement Ruangan
Plafon unik | Gbr : Pinterest

Plafon Bermotif
Plafon bermotif dan detail lain yang menambah keunikan dan keindahan sebuah rumah sebenarnya tak juga bisa dikatakan dapat menambah “nilai” rumah itu sendiri, karena jika kamu kreatif, untuk membuat rumahmu seolah memiliki efek motif itu-pun bisa dilakukan dengan beberapa warna cat saja yang bisa lebih murah. Ini artinya, tampilan sebuah rumah bukanlah segalanya, terlebih hanya karena desain plafonnya.

Pintu Garasi
Pintu garasi berbahan dasar kayu yang desainnya klasik tentu terlihat menarik dan ada kesan mewah disana. Namun sebaiknya jangan tertipu, karena bisa saja pintu yang kelihatannya terbuat dari kayu itu terbuat dari bahan lain yang sekedar dicat seolah-olah seperti kayu sungguhan. Jika kamu ingin membeli rumah dengan fitur ini, pastikan memegangnya sendiri dan menanyakannya pada pemilik rumah, jangan menerka sendiri dari kejauhan.

Lihat Dapur Dengan Kabinet Saat Ingin Membeli Rumah
Dapur Dengan Kabinet | Gbr : Pinterest

Meja Kabinet Dapur
Meja Kabinet yang setahumu adalah hasil custom, bisa saja sebenarnya tidak. Bisa saja sebenarnya memang seperti itu ketika dibeli dari pabriknya. Jika dilihat, beberapa kabinet dapur memang seperti membuat sendiri secara custom dengan material pilihan pemilik rumah yang tentunya bagus, padahal hanya terlihat bagus dari jauh padahal buatan pabrik juga, yang merupakan hasil dari produksi masal yang murah dan berkualitas standar. Untuk itu, coba lihat secara detail apakah memang kabinet dapur itu berkualitas bagus.

Biasanya, meski rumah sudah tua termasuk kabinetnya, namun apabila masih dalam bentuk yang bagus, hanya mengganti pegangan pintu kabinet atau mengecatnya kembali saja sudah membuatnya terlihat baru.

Cek Cat Dinding Baru Saat Ingin Membeli Rumah
Mengecat Dinding | Gbr : Pinterest

Cat Dinding
Jika sebuah rumah terlihat indah karena catnya, sebaiknya jangan mudah terpengaruh akan hal ini. Meskipun rumah yang baru dicat terlihat menarik namun jika ternyata ada sesuatu, kekurangan dinding langsung bisa terlihat dalam beberapa bulan saja. Mengecat dinding sebenarnya tak terlalu signifikan mempengaruhi nilai sebuah rumah, karena bila rumah itu sudah jadi milikmu, bila kamu tak suka warnanya, tentu akan dicat ulang. Begitu pula saat kamu melihat plafon, jika catnya baru, pastikan plafon tidak dicat hanya karena untuk menutupi kekurangannya, yaitu misalnya menutupi terhadap kebocoran atap yang menyebabkan plafon basah dan kotor, menjamur.

Apa Yang Kamu Cari Pada Sebuah Rumah
Apa yang menjadi penyebab sebuah rumah kamu beli? Hal besar seperti atap, teras, kolam renang, listrik, dan halaman penuh dengan rumput hijau adalah beberapa hal yang mahal dan butuh banyak waktu jika diganti. Untuk itu, saat memilih rumah pastikan beberapa hal itu menjadi beberapa faktor mengapa kamu membeli sebuah rumah.

Lebih bijaknya adalah jika kamu mengevaluasi sebuah rumah dari manfaatnya bukan dari “tampilan luarnya” atau pernak-pernik tambahannya. Fokuslah pada beberapa pertanyaan seperti “bayangkan bila saya tinggal disini, seberapa berguna halaman rumah ini? bagaimana dengan ruang tamunya, cukup? bagaimana dengan dapurnya? apakah kamarnya cukup?” Fokuslah pada hal itu, jangan hanya sekedar melihat penampilannya.

Terima kasih telah membaca artikel Ingin Membeli Rumah? Jangan Hanya Fokus Pada Hal Ini!. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *