Ketahui Hal Ini Agar Perawatan Rumah Lebih Hemat

Sekarang ini apapun bisa dicari dengan lebih mudah melalui internet. Seperti misalnya semudah cara merebus telur, ada banyak tutorial dan pengetahuan dasar yang terkadang kita malu untuk mengakuinya bahwa kita tak bisa melakukannya tanpa mencari di internet.

Hal sederhana terkait rumah seperti misalnya tutorial merawat rumah juga sebaiknya kamu pelajari meski ilmunya didapat dari internet, hal ini berguna untuk menghemat biaya dan waktu jika kita bisa melakukannya sendiri, tanpa perlu meminta bantuan tukang. Berikut ini beberapa tutorial terkait perawatan rumah yang sebaiknya kamu tahu :

Kegiatan Berkebun Menyehatkan Tubuh
Kegiatan Menanam Tumbuhan Banyak Manfaatnya
Gbr : pinterest.com

Menanam
Banyak orang yang menyukai tanaman, akan tetapi tahu benar bagaimana merawatnya hingga tumbuh besar penting untuk diketahui. Saat yang paling dinanti dengan hati-hati adalah saat kamu sudah melihat akar dari tanaman tersebut yang sudah keluar dari potnya. Saat mulai tumbuh, jangan lupa untuk memberi air dan pupuk.

Mengecat Dinding Sendiri Untuk Perawatan Rumah
Mengecat Dinding Sendiri Dapat Lebih Hemat
Gbr : pinterest.com

Mengecat Tembok
Kegiatan mengecat memang terkesan sederhana, tetapi melakukannya dengan teknik yang benar rasanya tak semua orang tahu caranya. Kuncinya adalah persiapan. Mulailah dengan membuat permukaan yang akan dicat menjadi halus & bersih, singkirkan dulu furnitur dari ruangan. Gunakan juga peralatan yang tepat dan baik untuk mengecat tembok agar menghemat waktu.

Membersihkan Saluran Tersumbat
Membersihkan sumbatan memang tugas yang sedikit merepotkan namun bisa kamu lakukan sendiri dan tak perlu menghabiskan uang dengan jasa profesional. Biasanya penyumbatan saluran dapat dicegah dengan tidak malas membersihkannya, jangan biarkan kotoran menumpuk di saluran.

Menutup Retakan
Lama-kelamaan dinding mengalami retakan adalah hal yang wajar dan perlu diisi/ditutup untuk mencegah terjadinya hal yang lebih besar hingga perlu renovasi rumah. Tunggu saat tidak musim hujan, artinya kondisi dinding kering dan bersih, lalu tutup dengan semen seperlunya.

Memisahkan Sampah Dapur
Pisahkan Sampah Dapur Agar Mudah Dijadikan Kompos
Gbr : resepkoki.id

Memisahkan Sampah
Banyak orang kini mulai memikirkan hal-hal yang ramah lingkungan. Seperti memisahkan sampah agar mudah untuk didaur ulang. Sampah sisa dapur pun dapat dibuat kompos untuk dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Membersihkan Nat Keramik
Keramik dengan nat yang kotor terlihat tidak menarik. Dengan hanya membersihkan nat yaitu bagian di sela-sela antar keramik ini, lantai rumahmu sudah terlihat berbeda, terlihat lebih bersih. Langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan mengusapnya dengan kain basah, lalu gunakan cairan pembersih nat. Jangan lupa untuk memakai perlengkapan seperti masker, pelindung mata hingga sarung tangan saat melakukannya.

Eksterior Taman Dengan Lampu Tenaga Surya
Eksterior Taman Dengan Lampu Tenaga Surya
Gbr : pinterest.com

Memilih Pencahayaan Ruang Yang Tepat
Penting untuk tahu lampu apa yang digunakan di masing-masing area rumahmu. Banyak orang yang memilih lampu dengan desain menarik namun saat dibawa pulang kerumah ternyata tidak cocok dipakai di ruang rumahmu. Pastikan tahu dulu fungsi lampu yang kamu beli sebelum coba memasangnya dirumah.

Cat Ulang Kabinet Kayu Kitchen Set Dapur
Cat Ulang Kabinet Kayu Kitchen Set Dapur
Gbr : acehardware.co.id

Memperbaiki Furnitur
Yang kami maksud bukan memperbaiki furnitur seolah kamu tukang kayu, bukan.. Namun sekedar memperindah furnitur yang lama misalnya terkena noda, tergores, mengecatnya kembali, cukup untuk membuat furnitur lama terlihat sedikit lebih bagus.

Membersihkan Talang Air
Hal ini cukup mudah dilakukan, hanya tinggal naik tangga lalu ambil kotoran di talang agar tak mengganggu jalannya air hujan. Pakai saja sikat, ember maupun sarung tangan jika diperlukan.

Sumber : domain.com.au

Terima kasih telah membaca artikel Ketahui Hal Ini Agar Perawatan Rumah Lebih Hemat. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang atau ingin konsultasi rumah, desain, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *