Jenis Perawatan Taman Yang Sebaiknya Diserahkan ke Ahlinya

Jika kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas dan suka dengan kegiatan mengurus tanaman, berkebun dan sejenisnya mungkin kamu akan lebih suka menata halaman rumahmu sendiri. Selain memang menyukai kegiatan ini, melakukannya sendiri terkadang bisa lebih murah. Misalnya memotong rumput setiap minggu, membersihkan daun kering dari pohonnya dan sejenisnya adalah kegiatan merawat halaman yang bisa kamu lakukan sendiri.

Namun terkadang ada beberapa kondisi dimana jika kita melakukannya sendiri malah hasilnya jadi berantakan bahkan lebih menghabiskan banyak biaya karena ketidaktahuan kita-lah penyebabnya, hanya sekedar mencoba. Berikut ini beberapa kegiatan merawat taman/halaman rumah yang sebaiknya kamu serahkan kepada ahlinya :

Berkebun Tanaman Sayur
Berkebun Sayur di Halaman Rumah | Gbr : pinterest.com

Mengetes tanah sebelum menanaminya

Kegiatan ini bisa dilakukan dirumah dengan alat pengetes tanah akan tetapi tidak direkomendasikan melakukannya. Sebaiknya, bawa sampel tanah ke dinas berwenang untuk mengeceknya dan kamu bisa mendapatkan hasil yang detail terkait tingkat PH tanah dan kandungan-kandungan lain yang ada di tanah rumahmu.

Penting untuk melakukan cek pada tanah, terlebih jika kamu ingin menanam tanaman sayur karena berbeda jenis tanaman lebih suka dengan jenis tanah tertentu. Tanaman seperti bawang bombay, bawang putih, timun, tomat, asparagus lebih suka tanah dengan kandungan Acidic = pH 5.8-6.5 yang artinya suka dengan kelembaban. Di sisi lain ada tanaman seperti kubis, lobak, toge lebih suka tanah dengan kandungan Alkaline = 6.0-7.5 yang biasanya berarea lebih kering.

Melakukan Aerasi

Aerasi adalah kegiatan melarutkan oksigen yang ada di udara kedalam tanah. Biasanya aerasi ini caranya dengan menusuk-nusuk tanah agar berpori-pori cukup besar yang efeknya mempermudah udara, air, dan nutrisi untuk tanah lebih mudah masuk kedalam tanah hingga akar tanaman. Meski aerasi dilakukan hanya satu tahun sekali dan bisa kamu lakukan sendiri namun untuk melakukannya kamu perlu menyewa alat transportasi sendiri untuk mengangkut aerator. Selain itu terkadang dibawah tanah terdapat beberapa hal seperti pipa septic tank, saluran air dan sebagainya yang cukup berbahaya jika kamu melakukannya sendiri dan tak cukup bisa mengantisipasi terjadinya kerusakan-kerusakan didalam tanah. Artinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya gunakan saja jasa profesional yang tahu betul bagaimana menghindari kerusakan, dan jika melakukannya pun mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Membuat & memasang irigasi dibawah tanah

Membuat irigasi bawah tanah yang biasanya dilakukan untuk menyirami rumput yang ada di halaman rumah membutuhkan keahlian khusus. Mulai dari sistem pemipaan, kelistrikan dan sebagainya. Untuk membuatnya sebaiknya kamu serahkan saja pada ahlinya. Sebab, membuat irigasi bawah tanah perlu kemampuan dan peralatan yang tepat dan harus dipastikan dapat berjalan lancar saat dipergunakan nantinya.

Semprot pestisida

Kamu mungkin sudah merasa cukup mahir untuk menyemprot serangga yang ada didalam rumah. Akan tetapi menyemprot pestisida untuk tanaman di kebun rumahmu cukup berbeda, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya. Menyiangi rumput, membuat tanaman bebas serangga dan jamur sangat bergantung dengan bagaimana cara melakukannya, dalam artian hasilnya akan efektif tergantung caranya.

Saat tanaman di kebun mulai tumbuh rumput liar, tanaman menjadi terlalu lebat, akan cukup sulit mengatur halaman menjadi lebih sehat. Saat seperti ini, kamu harus memastikan bahwa halamanmu cukup udara, memiliki pH tanah normal, dan sebagainya. Dan jika tidak dilakukan dengan benar, efeknya bagi tanamanmu cukup besar. Untuk itulah penting menyewa jasa profesional untuk mengecek tanaman di halaman rumahmu.

Ketahui Betul Apa Yang Akan Kamu Lakukan Terhadap Tanamanmu di Taman
Ketahui Betul Apa Yang Akan Kamu Lakukan Terhadap Tanamanmu | Gbr : pinterest.com

Hasil berbeda jika dikerjakan oleh ahlinya

Memang, merawat taman lebih baik diserahkan ke ahlinya. Akan tetapi terkadang ini juga bergantung pada keahlianmu sendiri. Misalnya untuk sekedar memberi pupuk dan menyemprot rumput bisa dilakukan sendiri asalkan kamu punya cukup ilmu untuk melakukannya. Contohnya, kamu harus tahu apa yang akan disemprotkan ke tanaman, apa efeknya terhadap dedaunan, apa tujuanmu melakukan itu, dan sebagainya. Artinya jika kamu ingin melakukan semuanya sendiri, pastikan kamu sudah familiar dan punya ilmu tentang tanaman, pohon, rumput liar, jenis pupuk apa yang baik untuk tanaman tertentu, bagaimana dan kapan menggunakannya. Kunjungi toko bibit/toko tanaman setempat jika butuh bantuan. Pastikan bahwa halaman rumahmu tidak hanya indah dilihat, tetapi juga memiliki manfaat lingkungan dan kesehatan.

Terima kasih telah membaca artikel Jenis Perawatan Taman Yang Sebaiknya Diserahkan ke Ahlinya. Adakah tips lain yang kalian ketahui tentang perawatan taman? Share di kolom komentar ya.. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *