Tips Dekorasi Kamar Anak

Tips Dekorasi Ruang Kamar Anak – Mendekorasi ruangan anak sepertinya cukup rumit untuk dilakukan. Mengapa? Anak-anak sering berubah-ubah pikirannya seiring berkembangnya mereka. Itulah mengapa jika mendekorasi ruang kamar tidur sesuai dengan tema kesukaan mereka sendiri, sepertinya tidak efektif dari sisi biaya karena tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Untuk itu, ketika akan mendekorasi ruangan anak-anak haruslah memiliki perencanaan dan pemilihan warna yang cukup ekstra perhatian, juga harus mempertimbangkan tren, furnitur dan desain mana yang tepat. Tidak hanya akan menghemat uang untukmu sekarang namun juga untuk kedepannya karena sudah dipastikan bahwa dekorasi ini akan bertahan untuk beberapa tahun kedepan. Berikut ini kami berikan tips dan saran apa yang perlu diperhatikan sebelum mendekorasi ruangan anak :

 

Warna apa yang akan digunakan?

Memilih warna cat yang tepat beserta kombinasi warna yang akan digunakan sebagai aksen untuk ruangan anak-anakmu sangatlah penting untuk dilakukan. Warna yang tepat dapat meningkatkan style ruangan untuk bisa bertahan lebih lama. Artinya, kamu tak perlu merenovasi dalam beberapa tahun kedepan karena stylenya masih layak digunakan meski anak beranjak remaja, warna yang tepat juga dapat membantu anak-anak untuk mudah tidur, lebih tenang maupun lebih kreatif di kamar.

Kamar Tidur Dengan Warna Cat Yang Netral
Kamar Tidur Dengan Warna Cat Yang Netral | Gbr : pinterest.com

Misalnya menggunakan warna Biru Kehijauan seperti warna diatas yang tampak netral untuk anak laki-laki maupun perempuan. Jadi, meskipun ruangan anak perempuan identik dengan pink, sepertinya mengganti warna pink dengan warna lain yang lebih lembut dan netral juga bisa dilakukan.

Sebaiknya hindari menggunakan warna yang terlalu cerah seperti hijau dan merah karena dapat merangsang anak untuk lebih impulsif (bertindak semaunya tanpa memikirkan akibatnya), itulah mengapa jika kamar anak menggunakan warna-warna tersebut mengakibatkan mereka untuk sulit relaks tidur di ruangan mereka sendiri.

Seperti yang sudah diungkapkan diatas bahwa warna netral akan bertahan lebih lama, maka sebaiknya pilih warna cat yang netral agar bisa bertahan mulai anak masih kecil hingga remaja. Jika warna biru muda terasa membosankan, kamu juga bisa memilih warna lain seperti abu-abu, atau abu kehijauan, putih, dan sejenisnya yang juga netral.

Karpet Untuk Kamar Anak-Anak
Karpet Untuk Kamar Anak-Anak | Gbr : pinterest.com

Lantai jenis apa yang digunakan?

Saat mempertimbangkan lantai untuk ruang kamar anak, sebaiknya pikirkan dulu bagaimana ruangan itu akan difungsikan. Akankah banyak digunakan untuk kegiatan belajar? Banyak kegiatan bermain dengan mainan di lantai? Atau sedang ingin mengurangi bising dirumahmu? Tentukan hal itu terlebih dahulu.

Pertimbangkan untuk menggunakan karpet. Anak-anak suka bermain dan menggunakan karpet sebagai alas bermain mereka dibandingkan menggunakan lantai kayu yang keras. Selain itu kamu bisa meletakkan karpet tersebut di tengah ruangan kamar untuk menandai bahwa bagian itu adalah titik untuk mereka bermain. Pastikan memilih karpet yang tidak licin jika diinjak.

Rangka tempat tidur dengan laci di bagian bawah
Tempat Tidur Dengan Laci di Bawah | Gbr : pinterest.com

Furnitur apa yang digunakan?

Sekarang ini biasanya ruangan anak sangatlah multifungsi. Satu ruangan bisa digunakan untuk tidur, belajar, bermain dan mengembangkan diri. Untuk itu ketika memilih furnitur bagi ruangan anak sebaiknya tidak mengesampingkan sisi multifungsi ini, pilih yang sebisa mungkin dapat memenuhi semua yang anak-anak perlukan. Furnitur yang pada dasarnya harus ada yaitu kasur, tempat penyimpanan dan meja serta kursinya.

Ruangan anak juga perlu rak untuk berbagai barang seperti buku, mainan dan pakaian. Serta meja untuk mengerjakan PR yang juga bisa digunakan untuk meja rias saat mereka besar nanti.

Pilih rangka tempat tidur yang memiliki laci pada bagian kawah agar bisa digunakan untuk menyimpan mainan.

Stiker Dinding Pada Kamar Anak
Stiker Dinding Pada Kamar Anak | Gbr : pinterest.com

 

Jenis dekorasi seperti apa yang cocok untuk anak?

Saat bicara tentang dekorasi, less is more. Maksudnya, daripada berlebihan menuruti permintaan tema dekorasi dari anak, sebaiknya sediakan tempat yang lebih besar, netral temanya yang cocok digunakan saat anak-anak hingga tumbuh menjadi remaja.

Tidak disarankan untuk menggunakan tema tertentu pada kamar tidur anak-anak, alangkah baiknya jika memilih elemen-elemen yang menarik untuk anak-anak. Seperti menggunakan bantal dinosaurus atau lampu berbentuk dinosaurus dan semacamnya daripada menggunakan gambar dinosaurus full dengan wallpaper dinding. Menggunakan elemen-elemen bertema tertentu seperti itu akan lebih efektif daripada menghias satu rungan penuh dengan dinosaurus.

Anak-anak suka memajang barang-barang milik mereka seperti di meja sebelah kasur atau di rak. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka dan memberikan keunikan pada ruangan mereka sendiri dengan menunjukkan barang-barang yang penting bagi mereka. Lampu disamping kamar pilihlah yang bagus untuk mereka gunakan saat ingin membaca atau terbangun di malam hari.

Agar kamar terlihat lebih menarik lagi, kamu bisa menggunakan stiker bergambar tertentu pada dinding. Selain mudah diganti ketika anak dewasa, juga harganya cenderung lebih murah. Jika ingin sedikit berbeda, kamu bisa menggunakan papan magnetik untuk memajang karya mereka di dinding.

Pemberian Tirai Pada Jendela di Kamar Anak
Stiker Dinding Pada Kamar Anak
Gbr : pinterest.com

 

Menggunakan jendela seperti apa?

Gunakan jendela jenis apapun yang penting, mudah untuk dibersihkan. Selain itu, pada jendela sebaiknya gunakan tirai untuk menjaga suhu ruang tetap hangat di malam hari dan bisa dibuka di pagi hari untuk tetap mendapat manfaat sinar alami dari matahari.

Pencahayaannya seperti apa?

Pemilihan lampu cukup penting yang dapat memperindah sebuah ruangan. Pilih apapun yang kamu sukai seperti lampu lantai, lampu hias atau lampu biasa yang pasti pilihlah lampu yang cocok dengan keperluan anak-anakmu.

Lalu, bagaimana mendekorasinya?

Saat memutuskan untuk mendekorasi kamar anak-anak, sebaiknya pertimbangkan style dan arsitekturnya secara menyeluruh agar kamar anak style-nya tetap menyatu dengan ruang lain di dalam rumah tersebut. Hal ini untuk menghindari tampilan tiap ruang yang seolah-olah berdiri sendiri-sendiri bukan malah saling melengkapi.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Dekorasi Kamar Anak. Jika Kamu ingin bangun rumah, gedung dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *