Tips Mempercantik Dinding Bata Terekspos Tanpa Finishing

Saat memasang dinding dengan bata terekspos (tanpa finishing & acian) untuk mendapatkan rumah dengan kesan klasik ataupun ingin style rumah industrial, memang terlihat menarik di saat awal pembangunan rumah. Namun setelah beberapa bulan, jika tak dirawat dengan benar akhirnya akan muncul kekhawatiran dinding akan rusak akibat semen yang merekatkan bata satu sama lain bisa keropos dan semacamnya. Saat khawatir dinding bata rumah akan rusak, hal yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan renovasi dengan cara melakukan plesteran hingga acian bahkan pengecatan pada dinding bata terekspos tersebut. Artinya, dinding bata terekspos akan menjadi dinding bata biasa seperti umumnya di rumah-rumah.

Berbeda jika tak ada tanda-tanda ataupun kekhawatiran akan kerusakan dinding bata terekspos. Hal lain-pun terkadang terpikirkan misalnya seperti membuat tampilan rumah lebih segar dibanding biasanya. Bergantung biaya dan style arsitektur rumah, merenovasi rumah dengan memplester dinding bukanlah salah satu solusi mendapatkan tampilan rumah yang baru. Ada solusi lain yang lebih terjangkau. Berikut informasinya :

Mengecat Ulang
Kamu bisa memperbaiki eksterior rumah dinding bata terekspos dengan cara mengecat trim (trim yaitu salah satu elemen dekoratif pada rumah yang fungsinya sebagai hiasan), talang air dan semacamnya dengan warna yang lebih modern. Jika kamu menggunakan bata terekspos yang jenis warnanya tak terlalu terang, pilihlah warna cat yang lebih gelap. Sebaliknya, bila bata berwarna lebih gelap, pilih warna cat yang lebih terang namun selain warna putih untuk menghindari kesan monoton.

Kamu juga bisa mengecat ulang daun pintu rumah bagian depan dengan warna yang cocok dengan trim. Jika ingin membuat pintu sebagai titik fokus dari eksterior rumah, bisa menggunakan warna yang kontras.

Pintu Warna Merah
Pintu Berwarna Merah dengan Trim Putih
Gbr : Pinterest

Memberi Tanaman Di Sekitar
Dinding rumah dengan bata terekspos, secara warna akan lebih menonjol dibandingkan rumah dengan kayu. Oleh karena itu, memberikan tanaman disekitarnya bisa meringankan tampilan rumah dengan dinding bata terekspos ini. Tak perlu memberikan tanaman di seluruh tempat, cukup memberikannya di tempat-tempat tertentu di sekitar rumah misalnya di dekat pintu masuk dengan tanaman hijau di dalam pot.

Tipsnya, pilihlah tanaman yang memiliki jenis/warna daun yang bagus namun tak berlebihan. Tanaman yang daunnya terlalu kecil dan tipis justru akan semakin menonjolkan dinding bata itu sendiri, untuk itu pilihlah tanaman dengan batang yang sedikit tebal dan daun yang berbentuk cenderung agak bulat dengan warna yang kontras dengan warna bata.

Tirai-Untuk-Jendela-Pada-Dinding-Rumah-Bata-Terekspos
Tirai Untuk Jendela Pada Dinding Rumah Bata Terekspos | Gbr : Pinterest

Menghias Jendela
Yang sering diabaikan adalah bahwa hanya dengan sedikit menghias jendela dapat mempercantik eksterior rumah. Misalnya dengan memberikan tirai yang bagus dan tipis pada jendela di dalam rumah dan sebagainya.

Pagar Untuk Rumah Dengan Dinding Bata Terekspos
Pagar Untuk Rumah Dengan Dinding Bata Terekspos | Gbr : Pinterest

Pagar
Memperbaiki pagar akan membantu membuat sebuah rumah terlihat lebih fresh. Jika tidak mempunyai pagar, dan ingin memilikinya maka segera lakukanlah. Pagar dapat meningkatkan tampilan eksterior rumah, terutama pada bagian dindingnya. Pastikan warna dan material yang kamu gunakan untuk pagar memanglah cocok untuk rumahmu agar seimbang secara tampilan.

Awning Kanopi Pada Rumah Dengan Dinding Bata Terekspos
Awning/Kanopi Pada Rumah Dengan Dinding Bata Terekspos
Gbr : Pinterest

Menggantinya
Coba lihat awning/kanopi rumahmu, tiang teras rumah, maupun balkon yang dapat dicat ulang, diperbaiki, diganti atau bahkan perlu dihilangkan? Warna dan style hal-hal itu yang ada dirumahmu bisa memperbaiki ataupun justru sebaliknya bagi tampilan fasad rumahmu.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Mempercantik Dinding Bata Terekspos Tanpa Finishing. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *