Tips Menanam Sayuran di Rumah

Sudah kita ketahui bahwa tanaman yang segar adalah yang paling baik dikonsumsi. Tanaman di halaman sendiri, yang matang dan baru saja dipetik misalnya tomat akan lebih sehat dan segar dibandingkan membelinya di supermarket. Lalu, kenapa tak menanamnya saja sendiri? Menanam sayuran memiliki berbagai manfaat, kamu bahkan sudah bisa mendapatkan hasilnya hanya dalam beberapa minggu saja. Berikut ini kami berikan tips tanaman apa yang cocok untuk kondisi disekitarmu :

Seberapa luas halamanmu akan memudahkanmu menentukan sayuran apa yang cocok untuk kamu tanam. Berikut ini beberapa jenis tanaman yang bisa kamu pilih berdasarkan luas halaman yang kamu miliki :

Sayuran yang tinggi tidak membutuhkan area tanah yang banyak karena arah pertumbuhannya ke atas. Contoh dari tanaman yang seperti ini adlaah tomat, kacang, maupun timun, tetapi membutuhkan alat tertentu untuk menopangnya keatas. Selain itu ada jagung yang juga tumbuh ke atas.

Tips Menanam Sayuran Timun Jepang Bahkan Bisa Digantung
Tanaman Timun Bahkan Bisa Digantung Untuk Hemat Tempat | Sumber Gbr : Pinterest

Tanaman yang melebar perlu banyak tempat seperti timun jepang, labu dan semacamnya bisa tumbuh menyamping sampai 1,5m. Bahkan beberapa jenis tanaman lain bisa memakan lebih banyak tempat lagi seperti semangka hingga 3m.

Tanaman berukuran kecil seperti cabai, paprika, bawang merah, daun bawang arah pertumbuhannya tegak lurus dan tumbuh kira-kira 40cm.

Sayuran dalam tanah, maksudnya tanaman yang memiliki daun diatas tanah tetapi hasilnya berada dibawah tanah misalnya kentang, ubi jalar, lobak, buah bit.

Dimana menanamnya?
Seberapapun luasnya area yang kamu sediakan, pastikan kamu dapat membuat kebun sayuran seperti yang kamu inginkan. Kondisi paling ideal untuk menanam sayuran adalah di tempat yang mendapat cukup cahaya di siang hari namun bukan area yang panas dan gersang.

Tanaman Basil dan Sebagainya
Tanaman Basil dan Lainnya digantung dekat Balkon | Sumber Gbr : Pinterest

Jika kamu ingin menanam sayuran di balkon, tanaman yang cocok seperti tomat, cabai dan basil. Untuk area yang lebih besar, kamu bisa menanam sayuran pada pot dan semacamnya.

Kebun kecil perlu perencanaan yang benar. Di area yang kecil, tanamlah sayuran secara berlayer. Misalnya tanaman jagung dan tomat yang cukup tinggi diletakkan di belakang, kemudian di depannya ditanami daun bawang, dan paprika atau cabai di area depan. Agar semakin menarik, kamu juga bisa menanam bunga disekitar sayuran agar kebun lebih berwarna.

Kebun luas lebih fleksibel, rencanakan layout kebunmu terlebih dahulu dengan diawali menanam sayuran yang memiliki jenis pertumbuhan yang mirip. Buatlah kawat tegak untuk tanaman kacang dan tomat. Untuk tanaman merambat seperti semangka dan labu, buatlah tempat yang besar dan terbuka.

Siramilah tanaman tersebut
Salah satu faktor keberhasilan dalam berkebun adalah menyiraminya secara efektif. Kamu bisa menggunakan selang, atau dengan memasang sistem irigasi agar lebih efektif. Dengan sistem ini, setiap hari selama beberapa menit, tanaman secara otomatis akan disiram dengan air. Pemberian air secara tidak konsisten bisa membuat kualitas tumbuh tanaman kurang baik, bahkan bisa membuat tanaman menjadi lemah, dan menjadi tempat berkembang biak serangga.

Persiapan tanah
Keberhasilan kebun juga tergantung pada kualitas tanah. Agar pertumbuhan tanaman baik, persiapkan tanah dengan baik pula. Ada banyak produk di pasaran yang dapat membantu membuat kualitas tanah semakin baik misalnya dengan kompos, pupuk kandang, atau kamu juga bisa membeli sekalian tanah kebunnya.

Tanaman Organik
Waspadalah pada hama yang dapat merusak tanaman dan buah. Saat kamu menanam sayuran sendiri, pilihlah dengan cara organik tanpa menggunakan pestisida yang berpotensi berbahaya. Jika kamu tak yakin hewan apa yang hinggap di tanamanmu, ambilah fotonya lalu tanyakan pada yang lebih ahli misalnya tukang tanaman sekitar.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Menanam Sayuran di Rumah. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *