Tips Mengamankan Rumah Saat Pergi Berlibur

Tips Mengamankan Rumah – Di masa liburan Natal dan Tahun Baru ini, banyak keluarga yang memilih untuk pergi berlibur keluar rumah bahkan keluar kota, terlebih liburan sekarang bersamaan dengan liburan sekolah bagi anak-anak. Pergi berlibur memang menyenangkan dan tak ada salahnya dilakukan, namun sebaiknya sebelum liburan, jangan tinggalkan rumah begitu saja. Mengapa? Ketahuilah ternyata masih banyak orang yang pergi meninggalkan rumah dalam keadaan jendela bahkan pintu tak terkunci sebagaimana mestinya. Selain itu juga lupa dan membiarkan tirai terbuka sementara didalam rumah terlihat ada berbagai peralatan teknologi yang seolah menggoda para pencuri yang melihatnya.

Isi Hari Libur Dengan Bertamasya Keluar Kota
Tetap Jaga Keamanan Rumah Meski Ditinggal Liburan
Sumber Gbr : pixabay.com

Sikap optimis memang bagus, misalnya percaya bahwa tak akan terjadi apapun pada rumahmu saat ditinggal berlibur nanti. Namun, alangkah baiknya sikap optimis tadi diiringi dengan usaha untuk mencegah hal tak diinginkan terjadi, misalnya dengan melakukan berbagai hal dibawah ini untuk mengamankan rumah saat liburan :

Mengamanakan Rumah Mengunci Pintu Sebelum Pergi
Kunci Pintu Dengan Benar Sebelum Pergi
Sumber Gbr : primenewsghana.com

Kunci semua pintu dan jendela dengan benar
Untuk mengamankan rumah sebelum pergi berlibur, jika pintu rumahmu sedikit rusak terutama pintu samping dan belakang (pintu yang paling sering jadi incaran pencuri) gantilah penguncinya dengan yang baru agar tak cukup mudah dirusak oleh pencuri.

Buat rumah seolah ada penghuninya
Pencuri tak akan melirik rumahmu bila ada orang didalamnya. Artinya, saat sebelum ditinggal liburan, jika memungkinkan mintalah tolong pada tetanggamu untuk sesekali berkunjung ke depan rumahmu misalnya sekedar bermain di halaman depan atau bahkan memotong rumput di rumahmu.

Pindahkan barang berharga dari tempat biasa
Pindahkan kunci, dompet, uang simpanan dan sebagainya dari tempat biasa kamu menyimpannya. Jika meninggalkan mobil dirumah, padahal kamu tak punya garasi atau carport tertutup, sebaiknya parkirkan ke rumah teman atau keluarga dekatmu. Jika terpaksa meletakkannya di jalan, ambillah bagian berharga di mobil dan ambil berbagai informasi pribadi yang mungkin ada disana, misalnya kartu nama dan semacamnya.

Alarm Sistem Keamanan Rumah Dapat Mengamankan Rumah
Alarm Sistem Keamanan Rumah | Sumber Gbr : theregister.co.uk

Gunakan alarm
Jika memungkinkan, pasanglah teknologi keamanan di rumah seperti alarm yang dapat memantau rumahmu saat ditinggal, atau alarm yang berbunyi saat ada penyusup masuk ke rumah dan semacamnya. Sekarang bahkan sudah ada sistem yang dapat menyalakan dan mematikan lampu, tv dan sebagainya secara otomatis hanya menggunakan smartphone. Jadi, rumahmu seolah-olah ada penghuninya padahal kamu mengontrolnya dari jauh.

Jika ingin lebih serius soal keamanan dirumah, pasang saja CCTV yang dapat kamu awasi kapanpun saat kamu bepergian.

Jangan upload di sosial media
Informasi seperti tulisan, gambar maupun video yang kamu upload di sosial media juga malah bisa mengekspos keluargamu terhadap resiko pencurian. Mungkin awalnya hanya iseng, dan sekedar ingin membagikan kegembiraan kepada pengikutmu di sosial media bahwa kamu sedang di pantai, tetapi orang jahat bisa saja memanfaatkan hal ini demi keuntungan mereka. Jika ingin membagikan hal ini, pastikan pengikutmu di sosial media hanyalah orang-orang yang dekat dan baik denganmu, bukan membagikannya secara umum yang bahkan orang tak dikenal bisa melihatnya.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Mengamankan Rumah Saat Ditinggal Liburan. Jika Kamu ingin bangun rumah, kost, gudang dan sebagainya? Atau sekedar ingin konsultasi rumah, desain interior, bangun rumah, renovasi rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *