Tips Sebelum Mencari Rumah Baru

Membeli rumah baru sebenarnya seperti layaknya berbelanja kebanyakan. Membeli sesuatu akan lebih baik dilakukan jika kamu telah mempersiapkannya terlebih dahulu. Artinya sebelum mencari rumah baru, kamu sudah tahu pasti apa yang sedang kamu cari dan seberapa banyak uang yang akan kamu keluarkan untuk mendapatkan rumah yang tepat. Berikut ini beberapa tahapan yang mungkin bisa kamu lakukan :

Rumah Baru Hunian 2 Lantai di Jogja
Rumah Baru – Hunian 2 Lantai | Gbr : Proyek Reka Persada

Ketahui apa yang kamu inginkan
Cari tahu dulu rumah seperti apa yang menarik bagimu. Rumah 1 lantai? Rumah yang siap huni? Rumah bekas yang ingin kamu renovasi lagi? dan sebagainya. Tentukan bagaimana rumah yang ideal bagimu dan keluarga maka hal ini akan mempermudahkanmu mencari rumah yang diinginkan.

Lakukan pengecekan sebelum mencari rumah
Mencari rumah baru memang terkesan menyenangkan. Namun yang terpenting adalah cek dulu apa yang sebenarnya paling kamu butuhkan pada rumah barumu nanti. Tentukan kota/daerah mana yang kamu inginkan, apakah area yang dekat dengan tempat kerja? dekat dengan sekolah anak-anak? dan alasan-alasan lainnya. Gunakan faktor-faktor tersebut untuk membantumu memutuskan rumah seperti apa yang akan kamu survey nantinya.

Biaya
Sebelum melihat-lihat rumah, pastikan kamu tahu berapa uang yang akan kamu keluarkan untuk membeli rumah. Jika ingin mengambil KPR, coba berkonsultasilah dulu dengan pihak bank yang menyediakannya. Setelah mencari bank yang cocok, putuskan berapa biaya yang sanggup kamu bayar per bulannya untuk membayar rumah tersebut. Pastikan kamu tidak berlebihan.

Waktu
Apakah kamu sedang dalam masa tergesa-gesa untuk mencari rumah, dan semua sudah siap? Atau kamu masih harus menunggu agar rumah lama terjual untuk dapat membeli rumah yang baru? Faktor-faktor tersebut tentu sangat berpengaruh terhadap kapan waktunya kamu membeli rumah tersebut.

Tanya rekomendasi
Cobalah tanya ke teman atau ke keluarga, mana agen yang recommended dapat membantumu terkait kebutuhan membeli rumah. Temui agen tersebut dan berkonsultasilah. Berikan berbagai pertanyaan yang penting bagimu terkait proses pembelian rumah. Biasanya agen rumah sudah punya berbagai koneksi untuk dapat membantumu mendapatkan rumah yang kamu inginkan dan membantu dalam prosesnya.

Memasang Wallpaper Dinding
Memasang Wallpaper Dinding Buat Rumah Sesuai Yang Kamu Inginkan | Gbr : pinterest.com

Tetap fleksibel
Menemukan rumah yang 100% sempurna sesuai dengan apa yang kamu inginkan cukup sulit dilakukan. Tentukan fitur paling penting yang harus ada di rumah barumu nanti dan coba lebih fleksibel akan hal lainnya. Misalnya sebuah rumah sudah sangat kamu sukai, contohnya suka pada bagian ruangnya, fasad, luasan dan sebagainya namun kamu tak suka dengan catnya maka biarkanlah karena kamu masih bisa memperbaikinya, mengecatnya kembali.

Terima kasih telah membaca artikel Tips Sebelum Mencari Rumah Baru. Adakah tips lain yang kalian ketahui? Share di kolom komentar ya.. Jika Kamu ingin bangun rumah, kebutuhan renovasi rumah, bangun kost, gudang dsb atau sekedar konsultasi rumah, desain rumah di Jogja dengan Kontraktor Jogja yang berpengalaman? Hubungi Reka Persada  | Telp/SMS/WA : 081 328 800 516 | Mail : office@rekapersada.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *